Ekonomi Pembangunan field trip ke MUSEUEM TB SILALAHI

Mahasiswa Program Studi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun, melaksanakan field trip ke Museum TB Silalahi Center, Balige Kabupaten Tobasa

Mahasiswa Program Studi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun, melaksanakan field trip ke Museum TB Silalahi Center, Balige Kabupaten Tobasa.

Kunjungan ke Museum TB Silalahi Center, merupakan rangkaian kegiatan penguatan pemahaman mata kuliah Ekonomi Pariwisata. Di mana pariwisata budaya, kini dianggap sebagai salah satu segmen industri yang mengalami perkembangan yang cepat.

Menurut Dinda, selain sebagai metode pembelajaran bagi pelajar dan mahasiswa, museum juga dapat menjadi sumber pencegahan penghapusan aset atau nilai-nilai sejarah. Hal yang sama dikatakan Ade Sintya, mahasiswi lainnya.  Dia mengaku, berdasarkan pengamatan mereka di Museum TB Silalahi Center, museum dapat menyelamatkan pengangguran melalui perekrutan tenaga kerja terhadap putra-putri daerah dan juga dapat sebagai sumber pendapatan daerah jika museum sudah berkembang.

Dian G Purba Tambak, M.Si sebagai Dosen Pengampuh Mata Kuliah Ekonomi Pariwisata, menyebutkan bahwa museum adalah wahana pemahaman pendidikan budaya bagi peserta didik. Tapi nyatanya, kondisi sekarang pelajar lebih dominan berkunjung ke wahana bermain atau wisata modern, sehingga pelajar  banyak yang tidak paham akan sejarah sekitar, sebagai kearifan lokal.

“Museum merupakan warna sebuah daerah, yang dapat menunjukkan dan menceritakan sejarah dan karakter daerah tersebut,” ujar Dian.

Dian beranggapan, museum harus dikemas dengan  baik dan inovatif, agar orang tertarik mengunjungi. Dan bila museum dikemas atau ditata dengan baik serta maksimal, pada akhirnya museum bisa menjadi sumber PAD bagi suatu daereh.

Darwin Damanik M.SE Kepala Prodi Ekonomi Pembangunan, menambahkan agar Museum Siantar dapat dijadikan warna di kota bersejarah ini, maka diharapkan museum mendapatkan pembenahan dan pengelolan yang signifikan, supaya Pematangsiantar dapat  menjadi daerah tujuan wisata, baik bagi wisatawan maupun bagi pengunjung transit.